Kamis, 18 Oktober 2012

DIARE

A. Definisi Diare

Diare adalah salah satu gangguan kesehatan yang lazim  memengaruhi banyak orang. Gangguan ini adalah suatu gejala dan bukan penyakit. Ada beberapa penyebab diare yang mungkin, tetapi yang paling umum adalah infeksi.
Diare adalah penyebab utama penyebab utama penyakit dan kematian anak-anak di Negara-negara berkembang, seperti India atau Indonesia. Diare juga merupakan penyebab penting dari gizi buruk atau malnutrisi. Ini karena anak-anak cenderung makan lebih sedikit dalam suatu episode diare. Juga, diare dapat memengaruhi pencernaan makanan secara buruk. Akibatnya, tubuh mungkin tidak dapat memanfaatkan makanan dengan efektif.
Tubuh kita membutuhkan nutrien tambahan ketika menderita infeksi apapun untuk  memerangi kuman-kuman yang menyebabkan penyakitnya. Makanan yang tidak memadai dan pencernaan yang tidak baik secara bersama-sama berpengaruh buruk terhadap status nutrisi seorang anak. Diare dan atau komplikasinya dapat dicegah dengan cara-cara yang sederhana dan efektif.

 B. Klasifikasi Diare
Klasifikasi diare berdasarkan lama waktu diare terdiri dari diare akut, diare persisten dan diare kronis. (Asnil et al, 2003).

1. Diare Akut
Diare akut adalah diare yang terjadi sewaktu-waktu, berlangsung kurang dari 14 hari, dengan pengeluaran tinja lunak atau cair yang dapat atau tanpa disertai lendir dan darah

2. Diare Persisten
Diare persisten adalah diare yang berlangsung 15-30 hari, merupakan kelanjutan dari diare akut atau peralihan antara diare akut dan kronik.

3. Diare kronis
Diare kronis adalah diare hilang-timbul, atau berlangsung lama dengan penyebab non-infeksi, seperti penyakit sensitif terhadap gluten atau gangguan metabolisme yang menurun. Lama diare kronik lebih dari 30 hari.

C. Penatalaksanaan Diare
 Tujuan daripada pengobatan diare akut secara objektif ialah :
ü - Mencegah dehidrasi, jika tidak ada tanda-tanda dehidrasi
ü - Mengobati dehidrasi, jika ada
ü - Mencegah kerusakan nutrisi, dengan memberi makanan selama dan setelah dehidrasi,dan
--  Mengurangi durasi dan keparahan diare, dan timbulnya pada episode mendatang, dengan memberikan suplemen zinc.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar